Meski Jarang Terjadi, Ini Komplikasi Sinusitis yang Berbahaya Bagi Kesehatan

Pada umumnya, infeksi dan pembengkakan pada sinus atau biasa disebut penyakit sinusitis, sangat jarang mengalami komplikasi. Akan tetapi, tentu saja tidak menutup kemungkinan komplikasi sinusitis bisa terjadi dan membahayakan kesehatan.

Walaupun jarang terjadi, komplikasi ini ternyata memiliki tiga macam, yaitu komplikasi lokal,  komplikasi orbital, dan komplikasi intrakranial. Nah, biasanya komplikasi juga terjadi pada anak dan penderita sinusitis yang mempunyai masalah terhadap sistem imunnya.

Salah satu komplikasi yang sering dijumpai pada pasien adalah berkurangnya kemampuan hidung untuk mencium bau. Hal tersebut dapat terjadi karena adanya penyumbatan atau kerusakan saraf pada indera penciuman. Nah, meskipun ini kasus yang cukup langka terjadi, ada beberapa jenis komplikasi yang mesti Anda ketahui.

Sebuah penelitian dilakukan kepada pasien yang menderita sinusitis dan mendapatkan perawatan di Chiang Mai University Hospital dari tahun 2003 hingga 2012. Nah, pada penelitian ini, pasien tersebut dikelompokkan menjadi tiga jenis komplikasi, yaitu:

apa itu abses

Komplikasi ini meliputi selulit dan abses di wajah, osteomilitis (infeksi tulang), dan mucocele (benjolan pada mulut). Pasien yang mengalami kondisi ini dapat terjadi sebelum dan sesudah operasi. Biasanya, komplikasi ini diawali dengan tersumbatnya hidung pasien.

papilledema adalah pembengkakan saraf mata

Jenis komplikasi sinusitis ini dibagi lagi menjadi lima bagian, yaitu:

Edema, penumpukan cairan pada bagian tertentu di tubuhSelulitis orbitalis, sakit mata akibat peradangan pada jaringan bola mataThrombosis sinus cavernous (TSC) atau penggumpalan darah yang menyumbat pembuluh darah dalam otak dan terletak di belakang soket mata.

abses otak adalah

Komplikasi jenis yang satu ini pun dibagi kembali menjadi:

MeningitisAbses otakAbses intraserebral Trombosis sinus dural (gumpalan darah menggenang di dalam pembuluh darah vena di otak).

Nah, dari penelitian tersebut ditemukan bahwa komplikasi sinusitis yang paling sering terjadi adalah komplikasi orbital atau berhubungan dengan indera penglihatan. Kondisi ini dapat terjadi baik anak-anak hingga orang dewasa.

Dantrolene adalah

Sebenarnya, walaupun jarang terjadi pada penderita sinusitis, komplikasi tentu dapat membahayakan kesehatan dan nyawa Anda.

Salah satunya adalah meningitis. Jika Anda mengalami gejala meningitis disertai dengan kambuhnya sinusitis Anda, segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Berikut ini beberapa gejala meningitis:

Demam dan menggigilSering linglung dan bingungMual dan muntahSensitif terhadap cahaya yang terlalu terangSakit kepalaSering pingsanLeher kaku

Ternyata, selain gejala meningitis, Anda pun harus waspada jika tanda-tanda di bawah ini juga terjadi pada tubuh Anda, seperti:

Mata atau rongga mata memerah dan membengkakMerasakan nyeri ketika menggerakkan mataPenglihatan kaburKelopak mata terkulaiDahi terdapat benjolan atau membengkakKejang-kejang

Pada umumnya, penyakit sinusitis yang disebabkan oleh virus akan hilang dalam 7-10 hari. Akan tetapi, jika gejalanya tidak kunjung hilang pada hari ke-11 atau lebih, segera hubungi dokter Anda dan konsultasikan hal ini untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Walaupun komplikasi sinusitis memang sangat jarang terjadi, tidak ada salahnya untuk memeriksakan diri jika mengalami gejala di atas. Hal tersebut bertujuan agar mencegah infeksi sinus memperburuk kesehatan Anda.

Baca Juga:

View the original article here

Posted in artikel and tagged , , , , , , .

Tinggalkan Komentar Anda