5 Cara Mencegah Gigi Goyang Secara Alami Tanpa Ribet

Banyak orang mengalami masalah gigi goyang tanpa mengetahui bahwa ada banyak cara alami untuk mencegah kondisi ini. Padahal, gigi goyang yang dibiarkan begitu saja tidak hanya menyebabkan kesulitan saat mengunyah makanan, tapi juga berdampak pada kerusakan jaringan gusi secara permanen.

sering sikat gigi

Sebelum memutuskan untuk menjalani prosedur medis, ada beberapa upaya mencegah gigi goyang yang dapat Anda lakukan secara alami. Berikut di antaranya:

Ini adalah cara paling efektif untuk mencegah gigi goyang akibat penyakit gusi. American Dental Association menyarankan cara menyikat gigi sebagai berikut agar manfaatnya lebih optimal:

Posisikan sikat gigi kira-kira 45 derajat dari gusi.Sikatlah bagian luar, bagian dalam, serta permukaan gigi yang digunakan untuk mengunyah dengan lembut mengikuti gerakan maju-mundur.Gunakan ujung sikat gigi untuk membersihkan bagian dalam gigi depan dengan gerakan maju-mundur.Sikatlah lidah Anda untuk menghilangkan bakteri yang tersisa.

Sisa makanan yang terjebak dalam celah gigi dapat memicu penyakit gusi sehingga gigi menjadi goyang. Seperti halnya menyikat gigi, cara ini juga membantu Anda mencegah gigi goyang akibat penyakit gusi.

Cukup siapkan benang gigi sepanjang 45 cm. Gulung setiap ujung benang gigi pada jari Anda, lalu ikuti langkah berikut:

Selipkan benang di antara gigi, lalu gerakkan untuk membersihkannya.Saat benang mencapai garis gusi, lekukkan benang agar mengarah ke salah satu sisi gigi dan gerakkan seperti biasa.Anda juga dapat menggunakan benang untuk membersihkan bagian luar dan bagian dalam masing-masing gigi.Angkat benang dari celah gigi, lalu ulangi pada gigi yang lain.

Bakteri yang menumpuk di antara gigi dan gusi lambat laun akan membentuk plak sehingga gigi tidak lagi kokoh menempel pada gusi.

Metode oil pulling dapat mencegah gigi goyang dengan cara membunuh bakteri dan menghambat pembentukan plak.

Berikut langkah-langkahnya:

Siapkan 1-2 sendok makan minyak kelapa. Anda juga dapat menggunakan minyak wijen atau minyak zaitun.Berkumurlah dengan minyak tersebut selama 15-20 menit sebelum menyikat gigi pada pagi hari.Keluarkan minyak dari mulut Anda, lalu berkumurlah dengan air hangat.Sikatlah gigi Anda seperti biasa.

Penggunaan minyak nabati untuk membersihkan gigi bukannya tanpa alasan. Minyak nabati memiliki kandungan antimikroba, antibakteri, antijamur, dan antioksidan.

Seluruh kandungan tersebut amat efektif untuk membunuh kuman pembentuk plak pada gigi.

ngidam makanan manis

Sisa gula pada celah gigi merupakan tempat ideal bagi bakteri yang sedang berkembang biak. Oleh sebab itu, batasi makanan dan minuman manis yang Anda konsumsi setiap hari.

Hindari pula makanan yang mengandung pemanis buatan atau sirup jagung tinggi gula.

Terlalu banyak mengonsumsi buah-buahan sitrus seperti jeruk juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan gigi. Meskipun menyehatkan, makanlah dalam jumlah sewajarnya.

Jangan langsung menyikat gigi setelah memakan buah-buahan sitrus. Sebab, hal ini dapat mengurangi jumlah asam pada mulut.

Selain melalui berbagai metode yang telah disebutkan, Anda juga dapat mencegah gigi goyang dengan tips berikut:

Menjauhi kebiasaan merokok.Menjalani pemeriksaan dan pembersihan gigi secara rutin.Menggunakan penahan gigi jika Anda sering menggeretakkan gigi tanpa sadar.Menggunakan pengaman mulut saat berolahraga.Menghindari pengobatan tertentu yang dapat memengaruhi gigi.Mengonsumsi suplemen kalsium dan vitamin D sesuai anjuran dokter.

Gigi yang goyang akibat kecelakaan dan benturan memang tidak dapat dihindari. Namun, beragam cara di atas dapat membantu Anda mencegah gigi goyang terkait masalah kesehatan gigi dan mulut.

Tanpa upaya pencegahan, gigi goyang yang sudah telanjur parah sering kali harus dicabut sehingga berimbas pada fungsi mengunyah sekaligus penampilan.

Hal ini sangat disayangkan, mengingat tindakan pencegahan sebenarnya dapat dilakukan sejak awal.

Baca Juga:

View the original article here

Posted in artikel and tagged , , , , , .

Tinggalkan Komentar Anda